UNIVERSITAS PADJADJARAN  
Informasi Hibah Penelitian Disertasi Mahasiswa Program Doktor (S-3)
Home
 
Informasi Hibah Penelitian S-3
:: Luaran Hibah 2009
:: Daftar Penerima Hibah 2010
:: Daftar Penerima Hibah 2011 & SK REKTOR
:: Daftar Usulan Penerima Hibah 2012
 

HIBAH PENELITIAN MAHASISWA PROGRAM DOKTOR

I. KETENTUAN UMUM
Sesuai dengan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), program doktor merupakan salah satu jenjang pendidikan tinggi secara formal yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Dosen perguruan tinggi dituntut untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya, sehingga dalam transfer-knowledge, mahasiswa peserta didik dapat memperoleh dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih baik. Dalam pendidikan program doktor, seorang kandidat harus dapat menyelesaikan pendidikannya sesuai dengan batas waktu maksimal yang telah ditetapkan.
Selain itu, Kementerian Pendidikan Nasional secara strategis telah mencanangkan bahwa dosen yang memenuhi kualifikasi S2/S3 harus ditingkatkan dari tahun ke tahun; jumlah publikasi artikel ilmiah pada jurnal yang terakreditasi dan penulisan buku ajar meningkat; dan ada peningkatan jumlah perolehan paten. Tentunya hal tersebut dapat dicapai hanya dengan modal kerja keras dari semua dosen perguruan tinggi, konsisten dan mempunyai komitmen yang tinggi.
Sampai saat ini penelitian yang dianggap mendekati sempurna, baik metode pendekatan, model analisis, metode sampling, maupun tingkat keseriusan dalam pelaksanaannya adalah penelitian mahasiswa program doktor. Mahasiswa program doktor di Indonesia yang tersebar di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta dengan variasi bidang ilmu (sosial-humaniora, eksakta, kebumian, ilmu terapan), melakukan penelitiannya dengan tahapan yang sistematis, dibimbing oleh promotor dan/atau ko-promotor secara intensif dan berkesinambungan; yang pada akhirnya harus diuji oleh tim penguji yang kompeten secara terbuka; sehingga pelaksanaan penelitian tersebut dapat dipertanggung jawabkan. Namun dalam kenyataannya di lapang, masih banyak kendala teknis maupun non-teknis yang disebabkan keterbatasan dana, sehingga mahasiswa program doktor tidak dapat menyelesaikan studinya tepat waktu sesuai dengan ketetapan yang berlaku.
Untuk mengatasai berbagai permasalahan tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi memberikan dukungan hibah Penelitian Disertasi Doktor bagi para mahasiswa program doktor, sebagai program strategis yang mempunyai fungsi ganda, yaitu: (1) Meningkatkan jumlah, kualitas, dan kompetensi lulusan program doktor; (2) Mempercepat penyelesaian studi doktor; dan (3) Meningkatkan jumlah publikasi artikel ilmiah pada jurnal nasional/internasional yang terakreditasi, penulisan buku ajar, dan perolehan paten.

II. TUJUAN DAN MANFAAT
Program hibah Penelitian Disertasi Doktor bagi mahasiswa pascasarjana program doktor, bertujuan untuk:

  1. Memberikan bantuan dana Penelitian Disertasi Doktor, yang substansi penelitiannya merupakan bagian dari penelitian disertasinya;
  2. Mempercepat penyelesaian studi doktor dan meningkatkan publikasi ilmiah dalam jurnal internasional atau nasional terakreditasi;
  3. Mendorong peningkatan kualitas dan kompetensi lulusan doktor yang lebih baik.

Manfaat yang akan diperoleh negara pada umumnya dan Kementerian Pendidikan Nasional pada khususnya adalah:

  1. Dapat melakukan terobosan publikasi artikel ilmiah dalam jurnal internasional atau nasional terakreditasi;
  2. Memberikan kontribusi terhadap peluang diperolehnya HaKI;
  3. Diharapkan hasil penelitian dapat membantu menyelesaikan masalah nasional, regional, pemerintah daerah, dan masyarakat;
  4. Terciptanya iklim akademik yang dinamis dan kondusif di kampus sehingga hubungan antara dosen dan mahasiswa menjadi lebih interaktif dan berkualitas;
  5. Meningkatkan kualitas dan kompetensi lulusan mahasiswa program doktor di perguruan tinggi Indonesia.

III. LUARAN
Luaran program hibah Penelitian Disertasi Doktor adalah:

  1. Laporan Penelitian
  2. Publikasi artikel ilmiah yang merupakan bagian dari disertasi, diterbitkan dalam jurnal internasional dan/atau dalam jurnal nasional terakreditasi minimal satu.

IV. KRITERIA ALOKASI DANA PENELITIAN
Kriteria pengalokasian dana hibah Penelitian Disertasi Doktor adalah sebagai berikut:

  1. Kriteria Umum Mahasiswa program doktor yang dapat memanfaatkan hibah penelitian ini adalah dosen yang sedang tugas belajar sebagai mahasiswa aktif dan sedang melakukan penelitian untuk disertasinya sesuai dengan peraturan yang berlaku pada perguruan tinggi penyelenggara Program Doktor (ada surat keterangan).
  2. Kriteria Perguruan Tinggi
    Perguruan tinggi yang dapat memanfaatkan program hibah Penelitian Disertasi Doktor ini adalah:

    a. Mempunyai ijin penyelenggaraan program doktor dan sudah terakreditasi;
    b. Tidak pernah melanggar ketentuan Kementerian Pendidikan Nasional selama menyelenggarakan pendidikan tinggi;
  3. Kriteria dan persyaratan pengusul untuk program penelitian disertasi doktor adalah:
    a. Dosen perguruan tinggi;
    b. Kandidat doktor yang sedang melakukan penelitian untuk disertasinya;
    c. Mendapatkan rekomendasi dari promotor dan diketahui oleh Direktur Pascasarjana/Dekan Fakultas;
    d. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dapat menetapkan kebijakan lain sesuai dengan urgensi penelitian.

V. TATA CARA PENETAPAN
Pada prinsipnya pemberian hibah Penelitian Disertasi Doktor didasarkan atas kompetisi dan kompetensi calon penerima hibah. Kompetisi dilakukan karena dana yang tersedia lebih kecil daripada populasi mahasiswa program doktor yang ada di perguruan tinggi di Indonesia; sedangkan kompetensi diperlukan karena mahasiswa program doktor yang akan diberi hibah harus menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk bangsa dan negara sebagaimana dimaksud dalam Bab III (Luaran) program ini. Oleh karena itu, tata cara penetapan dilakukan secara bertahap sebagai berikut:

  1. Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat melakukan pemberitahuan adanya program hibah Penelitian Disertasi Doktor bagi mahasiswa program doktor.
  2. Direktur Pascasarjana/Dekan Fakultas melakukan sosialisasi kepada mahasiswa program doktor yang memenuhi syarat untuk mengusulkan proposal hibah Penelitian Disertasi Doktor;
  3. Pengiriman proposal sebanyak 3 (tiga) eksemplar dan soft copy-nya, harus sudah diterima di DP2M Dikti sesuai dengan surat pemberitahuan penerimaan proposal dari DP2M Dikti.
  4. Seleksi proposal (desk evaluation).
  5. Jika dipandang perlu, akan dilakukan presentasi proposal.
  6. Penetapan pemenang, yang hasilnya akan diumumkan melalui situs http://dp2m.dikti.go.id
  7. Penandatanganan kontrak dan penjelasan pelaksanaan program;
  8. Penugasan penelitian;
  9. Monitoring dan evaluasi oleh tim DP2M;
  10. Mekanisme laporan kemajuan dan laporan akhir diatur dalam Surat Perjanjian pelaksanaan Hibah Penelitian.

VI. PEMBIAYAAN
Program hibah Penelitian Disertasi Doktor ini pada hakikatnya bersifat bantuan bagi mahasiswa program doktor yang sedang melakukan penelitian disertasinya, dengan dana maksimum Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) yang hanya diberikan sekali saja dan mekanisme/tata cara pendanaan diatur dalam Surat Perjanjian Pelaksanaan Hibah Penelitian.
Standar pembiayaan harus sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan tentang Standar Biaya Umum yang berlaku. Selain itu, tidak diperkenankan adanya belanja peralatan dan belanja barang modal.

VII. PELAPORAN, PENGAWASAN DAN SANKSI

  1. Mahasiswa penerima hibah harus melakukan pencatatan semua kegiatan penelitian dalam bentuk log book; dan mencatat semua penggunaan dana dalam satu buku (disertai tanda bukti); serta menyampaikan secara periodik kepada Direktur Pascasarjana/Dekan, dengan tembusan kepada Ketua Lembaga Penelitian, dan kepada Promotor (khusus log book penelitian);
  2. Kelalaian yang menyebabkan tidak selesainya penelitian sehingga tidak ada luaran atau tidak terpenuhinya janji yang dituangkan dalam proposal, adalah menjadi tanggung jawab mahasiswa penerima hibah, direktur Pascasarjana/Dekan, dan lembaga induknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  3. Setiap penerima hibah atau pihak lain yang berkaitan dengan penerimaan hibah yang melakukan tindakan penyalahgunaan dan/atau penyimpangan pelaksanaan kegiatan dan administrasi keuangan sebagaimana tertuang dalam petunjuk teknis ini akan ditindak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  4. Sehubungan dengan butir 3, kelalaian tersebut bisa berdampak kepada pertimbangan pemberian fasilitas dan hibah penelitian berikutnya.

 


Critics and Suggestion for this Site send e-mail to webadmin@pasca.unpad.ac.id
Copyright©2006 by Pascassarjana, Padjadjaran University